Skip to main content

Pendakian: Warna-warni

"There is a voice that doesn't use words. Listen." - Djalaluddin Rumi

(1/3)
 
Jatuh di lubang kelinci yang sama. Terpeleset oleh kulit pisang. Otot anggota tubuh teregang semut. Cedera datang bernama keram. Dan beragam idiom lain yang tercipta untuk menggambarkan sebuah ketidak sesuaian harapan dan realita baik yang terjadi karena kehendak sendiri atau bukan.

Saya sangat paham, setelah sebuah perjalanan berlalu, akan selalu ada nilai yang bertambah pada diri seorang penjelajah. Dan penambahan-penambahan yang ada, walau jumlahnya tergantung dari bagaimana cara seorang mencerna, bukan hanya mempertajam akal dan batin, namun juga rasa. Dan dengan rasa yang terasah dengan baik, beriringan pula kontrol diri yang baik.

Kalau dibayangkan, kadang hidup ini lucu. Suatu saat akan ada masa dimana kita merasa puas. Namun di waktu lain, kepuasan yang pernah dirasa akan senantaisa terganti dengan kepuasan lain. Atau bahkan kita sendiri bingung apakah kepuasan itu dapat berada di keadaan setimbang. Nol. dan hal ini berulang. Terus dan terus hingga kita sendiri tak tahu kapan hal ini akan berhenti.


credit to: lifehack.org
 
Meminjam istilah Rumi yang lain, do not seek water, get thirst, saya membayangkan bahwa sejatinya hidup ini hanyalah proses berlelah-lelah. Akan selalu ada gunung untuk didaki. Udara untuk dihirup. Dan tentunya mimpi untuk dikejar. Dan diantara nya terletak kelelahan tersebut.

Melihat grafik yang ada, kadang kepuasan hidup dapat beragam tergantung dimana letak motivasi berada. Seiring dengan berjalannya hidup dan motif orang menjalaninya, kepuasan seorang dapat beragam. Terus begitu hingga motif berakhir. Atau motiv yang sudah tiada. Atau bahkan ketiadaan motiv itu sendiri dari awal, bagi beberapa.

Kalau direnung, semakin adanya motivasi dapat berkorelasi positif dengan kebahagiaan seorang, yang mana membuatnya puas dengan hidup. Namun hidup tidak berlaku seperti itu. Motivasi kadang hanyalah tentang antusiasme. Sering urung berkaitan dengan visi dan impian. Dimana dua hal ini secara ironi merupakan langkah fundamental untuk mendapatkan sesuatu. Ya. Untuk mau kita harus tahu bagaimana menuju titik itu. Bukan hanya angan yang berkata begitu.

Seperti banyak pepatah terdengar, hidup itu berdetak naik turun. Cukup sudahlah perjalanan seorang apabila tak ada jalan terjal untuk didaki ataupun lembah untuk disusur. Karena kau tahu apa? Tak ada kapal yang berjalan tanpa ombak. Tak ada dakian tanpa tanjak. Tak ada hidup tanpa detak.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Kreasi dan Konsumsi

Bagaimana kita mencerna berpengaruh terhadap kualitas aksi yang kita lakukan. Apa yang menjadi asupan kita bertindak sebagai bahan bakar semangat. Dan kapan aksi yang kita lakukan menjadi gambaran bagaimana hidup akan berjalan.

Ayah yang Khawatir

Menurutku, semakin kita bertambah dewasa, beberapa istilah yang kita kenal dari kecil akan berubah perwujudan konkretnya di kepala, antara melebar dan mendalam. Kita tidak lagi terpaku hanya pada makna harfiah saja. Istilah hanya digunakan untuk mengerecutkan maksud komunikator kepada komunikan. Pemahaman komunikan, lagi-lagi dipengaruhi  oleh perubahan tersebut.