Skip to main content

"Kamu terlalu pemilih, Bil"

Dalam periode menabung lagi untuk perjalanan selanjutnya, aku tiba-tiba teringat kalimat salah satu kenalanku. “kamu terlalu pemilih, Bil”.

Alasan di balik pernyataan itu subjektif parah, but kalau dipikir lagi, adakah yang salah dengan itu? Waktu itu karena ada kerjaan divisi yang mengharuskan kami bekerja sama, akhirnya aku memutuskan untuk membahas beberapa hal dengannya. Tanpa merasa risih dan rahasia, ia menanyaiku tentang “kriteria”. Aku jawab. Dan keluarlah pernyataan itu.

Aku ingin menertawakannya, karena kalimatnya selanjutnya menakut-nakuti tentang tak ada sosok yang sempurna. WAIT, emang barusan aku bilang aku sempurna juga?

Being picky  adalah salah satu caraku untuk mencintai diri sendiri. Aku tak segan untuk benar-benar melepas kebutuhanku akan yang bersangkutan apabila dia sudah melanggar suatu nilai yang aku percaya. Dari sinilah aku memutuskan untuk tidak pernah marah lagi, hanya berhenti peduli. Lebih efektif.

Being picky  berarti paham apa yang kita cari. Paham tentang sesuatu yang pantas untuk kita, paham bahwa kita pantas juga terhadap sesuatu tersebut. Paham bahwa kita siap, walaupun pada hakikatnya “the one” itu bukan kita yang memilih.

Dari beberapa keadaan dimana negosiasi sebaiknya dihentikan (Lewecki, 2007) terdapat satu variabel yang menyebabkan aku sendiri tidak berminat untuk simpati lebih jauh kepada kenalanku ini, yaitu there’s nothing to gain.

Selama ini, being picky  memang menyebabkan masalah, yang sebagian besarnya adalah rasa bersalah. Rasa bersalah karena beberapa kali mereka terlanjur mengorbankan materi dan waktu mereka untuk membantuku. I didn’t ask though.

Kepada seseorang yang menyebutku terlalu pemilih,
Aku menuliskan ini, karena suatu waktu perasaan bersalah itu muncul dan yang aku tahu, aku tak ada pilihan selain meminta maaf (walaupun sudah kulakukan sebelumnya). Aku menuliskan ini karena ingin mengoreksimu, ingin mengoreksi pernyataanmu. Tentu saja aku peduli, toh selama ini kita mengenal baik satu sama lain, bukan? Diantara kita, bukan aku yang tiba-tiba membalas dengan pendek dan salah tingkah saat berkumpul dengan yang lain. Aku tak pernah meminta apapun darimu, malah sebaliknya kau yang meminta ‘imbalan’, maka maafkan aku karena aku hanya manusia dan bukan tempat berharap. Biarkan aku menjadi pemilih, karena aku akan belajar mana kriteria yang benar-benar penting dan yang bukan. Dan, selamat berbahagia menemukan seseorang yang mau menerima kualifikasimu.
  

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Kreasi dan Konsumsi

Bagaimana kita mencerna berpengaruh terhadap kualitas aksi yang kita lakukan. Apa yang menjadi asupan kita bertindak sebagai bahan bakar semangat. Dan kapan aksi yang kita lakukan menjadi gambaran bagaimana hidup akan berjalan.

Ayah yang Khawatir

Menurutku, semakin kita bertambah dewasa, beberapa istilah yang kita kenal dari kecil akan berubah perwujudan konkretnya di kepala, antara melebar dan mendalam. Kita tidak lagi terpaku hanya pada makna harfiah saja. Istilah hanya digunakan untuk mengerecutkan maksud komunikator kepada komunikan. Pemahaman komunikan, lagi-lagi dipengaruhi  oleh perubahan tersebut.