Skip to main content

1437

Tengah bulan Ramadan tahun lalu, pemuda itu ingat betul, jemari ini tengah getolnya memainkan tuts keyboard dalam mensinkronkan permainan tim untuk menghancurkan throne. Tengah bulan Ramadan tahun lalu, pemuda itu ingat betul, jiwanya jauh sekali dari panggilan ilahi. Hanya serpihan-serpihan iman tercecer yang masih menunjukkan jalan kebenaran.

Ramadan 1436 menjumpai seorang pemuda yang sedang runyam hidupnya. Runyam karena sudah satu semester hidupnya tak berprogresi. Runyam karena disaat pemuda tersebut paling butuh bantuan, tak ada ada yang bisa ia mintai. Runyam karena disaat banyak tuntutan kewajiban yang harus ia tunaikan, goyahlah apa yang ia yakini hingga ia mengejar pelarian. Sedih memang. Namun setidaknya ia sadar, ia berjalan di jalan yang tidak benar.

Mengawali bulan dengan ibadah minimal dan tidur seharian, pemuda tersebut hampir terjebur dalam kubangan dosa. Kalaulah tiada pekerjaan yang membuatnya bepergian keluar ruangan, niscaya tak akan pemuda tersebut beranjak. Hanya makan dan bertemu orang alasan yang dapat mengusirnya dari ranjang dan kursi tempat ia bernaung.

Menjalani akhir bulan, pihak berwajib membawanya kembali ke tempat asalnya. Berbagai nasehat dan wejangan sampai terngiang di kepala. Hingga akhirnya diasingkan lah untuk sementara. Tak lain tak bukan untuk mencari nasuha. Merajut kembali sisa-sisa kebaikan yang pernah melintas di lubuk hati. Menambah pundi pundi jariyah yang nyaris minus nilainya.

Bagi sebagian orang, apa yang dialami pemuda tersebut mungkin biasa. Bagi sebagian lainnya, beribu sayang dan iba mungkin terlintas di rasa. Alangkah ruginya golongan yang menyia-nyiakan tamu agung yang tak datang setiap waktu. Alangkah tidak beruntungnya golongan yang menyesal di akhir waktu tanpa berbuat apa apa.

Tulisan ini hadir sebagai notulen bahwa siklus hidup manusia itu kadang tak ada yang bisa mengira. Dan kadsng hadir begitu saja. Semoga apa yang terjadi di 1437 bisa jadi loncatan konsistensi kebaikan untuk tahun-tahun berikutnya. Eid Mubarak!

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Kreasi dan Konsumsi

Bagaimana kita mencerna berpengaruh terhadap kualitas aksi yang kita lakukan. Apa yang menjadi asupan kita bertindak sebagai bahan bakar semangat. Dan kapan aksi yang kita lakukan menjadi gambaran bagaimana hidup akan berjalan.

Ayah yang Khawatir

Menurutku, semakin kita bertambah dewasa, beberapa istilah yang kita kenal dari kecil akan berubah perwujudan konkretnya di kepala, antara melebar dan mendalam. Kita tidak lagi terpaku hanya pada makna harfiah saja. Istilah hanya digunakan untuk mengerecutkan maksud komunikator kepada komunikan. Pemahaman komunikan, lagi-lagi dipengaruhi  oleh perubahan tersebut.