Skip to main content

11 hari ga kepikiran pulang

Diulang lagi? AYOK!

How long you guys took before came with fixed itinerary :
6 months
Well, it was my first trip. You can say that i’ve been waiting for all my life (since I was 12 technically). I didn’t do over thinking, my parent does. To calm them down I need to gain their trust. Finally, I’m done with all of my financial, emotional,  and good companionship preparation. And they can’t say no.

Why Baluran :
I had a significant interest with it since my mom’s friend told her adventorous trip there by jeep, with late night stargazing and beach camp.

Why is in the execution you finally went into some places and the trip extended till 11 days :
Hahahaha. Why not? Diba has a bunch of friends who offer us a East Java trip included
 tracking in Ijen Mount, the last mount which my parents hiked. And I had a willingness to visit my good friend in Bali. Voilaa.

First zonk experience :
My trip began at last day of 2015. We couldn’t find any taxi by phone nor city bus that will take us to train station. Thank God we made it by taxi (we only stood by the main road like 1 minute) and we continue from Tugu till train station on foot. I wore a sweater.

Most-tired moment :
Naik ijen
Selain karena ini naik gunung pertama kali, track di ijen walau lebih bikin bosen tapi lebih panjang daripada yang di Ngelanggeran (iya aku latian fisiknya disitu, receh emang wkwk). Jalannya naik euy (oke info yang ga penting). Perlu digandeng bahkan sampe gonta ganti yang gandeng, dan didorong dari belakang. Tracking dari jam 2 sampai puncak sekitar jam 4, pemandangan di perjalanan itu bintang sama gemerlap lampu penduduk dari dataran rendah. Waktu uda sunrise ngintip-ngintip, keliatan juga kawah hijau tosca nya. KEREN.
 Jalan ke madakaripura
Basicallly, ini cuma menyusur jalan setapak sekitar 1km dari pintu masuk. Hanya gegara kemarennya uda seharian main plus barusan turun dari Ijen, jadi rasanya mur di kaki kurang kenceng.
Gilimanuk-Denpasar
Perjalanan menggunakan bus, sekitar 5 jam dan baru start saat maghrib. Ini kita berdua uda dalam keadaan lelah fisik dan emosi. Ada acara berantem segala. Busnya kecil bikin kaki ga bisa selonjor, dan berhenti setiap 500m (atau rasanya gitu soalnya lama banget hahaha). Laper pula. Pokoknya ini moment paling epic. Lelah fisik, karena sebelumnya kita seharian eksplor Baluran dengan keadaan kepanasan dan kehujanan berulang kali, panas kering basah dan akhirnya lembab. Walau sempat overwhelmed sama pemandangan sunset di laut, tapi setelah turun mood amburadul.
Nyuci
Sekitar 4kg karena cucian basah. Belum harus ngucek one by one dan rok yang segede gaban (well aku cuma bawa dua celana, satu nya parasut, dan yang lain rok). Lelah karena baru mulai nyuci bener-bener siang bolong dan kelar baru jam 4 sore. Ngucek sampe perih juga dilakoni gegara ancaman ga ada baju lagi.

Apa banget saat :
Naik ke dek
Kurang paham juga apakah itu legal untuk naik ke dek paling atas, soalnya disitu cuma ada helipad. But somehow karena iseng dan ga dapet view yang bagus dari dek penumpang akhirnya kita naik lewat tangga tegak lurus (iya iya harus disebutin soalnya aku pake rok). Setelah dirasa cukup bernorak ria nya kita turun, dan hmmmm aku ga bisa. Ga bisa lebih karena anginnya terlalu kenceng dan lihat bawah bikin keder. Akhirnya setelah minta tolong diambilin celana tidur, aku baru berani turun (i know ini ga jelas ceritanya, but silahkan interpretasi sendiri)

Sunrise terbaik :
Di puncak Ijen
Perlu dijelasin?
Di depan penginapan di denpasar
Bukan gegara view nya sih, tapi lebih ke feeling yang aku dapet. That was the second time aku ngeh sama matahari terbit selama perjalanan ini. Dan ambience Bali nya kerasa karena samping penginapan ada pura dan public places yang rame banget. Sebenernya si matahari cuma ngintip dari balik bangunan dan tiang listrik sih.

Sunset terbaik :
Di bukit Asah
Ini sebenernya tebing tepi laut. Bisa lihat laut lepas sambil ngitungin kapal (yes kita segabut itu). Si matahari bukan tenggelam di laut nya soalnya ketutup sama bukit sebelah. Di bukit ini ada pura dan emang tempatnya buat camp. Terbaik karena waktu itu aku ngeh sama sekitar, talking about crumbly future dan laut (siapa yang bisa nolak view lauttttt!!!).

Satwa pertama yang dilihat :
Monyet, tapi rusa yang breathtaking
Hahaha harus banget aku bikin section sendiri soal fauna. Jadi ada monyet yang sudah menjadi bangkai. Bagian belakangnya doi sih berdarah, jadi entah karena habis ngelairin atau habis pup (?). Iya dia tergeletak gitu aja di tengah jalan, alhasil harus minggirin dia dulu baru lanjut. Sebelum mencapai Savana Bekol, kita lewat yang namanya Evergreen. Bentukannya kaya hutan, lebih hijau daripada daerah lain di sekitarnya, wilayah ini hijau sepanjang tahun. Di Savana Bekol yang luasss sangat, kita dipotong jalannya sama kawanan rusa bertanduk yang kayaknya lagi cari minum. Karena konslet gegara kagum sama gagahnya mereka lari, kita lupa nyalain hape (aku sih). Beuhhh...aseli lah, aku lebih greget liat rusa yang gede ini lewat di depan mata daripada Nazar KDI (harus banget pembandingnya Nazar?). Kakinya kuat terus suara hentakannya itu .... (mikir panjang karena gatau ngetiknya).

Perjalanan darat paling jauh non-stop :
Pulang dengan uang minim
Dengan menggunakan kereta Sri Tanjung, kita technically di dalam kereta selama 13 jam. Comfy (Thanks PT.KAI), bisa selonjor (walau akhirnya ada bapak-bapak dan istrinya yang duduk di depan kita) dan AC nya bekerja dengan baik (sempet kepanasan namanya juga ekonomi, tapi setelah lepas dari Surabaya dapet hujan mele yang bikin perjalanan adem sampe Jogja). Uang minim, mengharuskan kita membagi makan siang yang cuma bisa beli satu porsi nasi rames dan satu roti Boy.

Makan paling nikmat :
Makan malam terakhir
Sudah terjangkit virus kantong kering, akhirnya kita beli satu porsi nasi padang aja. Lauk? Tenang, tadi kita dibeliin sate sama mamanya Devi. Nikmat karena kita bokek tapi masih ada aja alasan buat bersyukur.

Bangun pagi paling nikmat :
Penginapan di Denpasar
Ini murni gegara malemnya uda lelah fisik dan emosi.

Badan kurang fit saat :
Plesir di Malang
Setelah diajak muter Malang dan makan cui mie, kepalaku sakit. Asumsi awal sih gegara ga tidur semalaman, paling ga bisa tidur di sesuatu yang bergeming eh gatau kenapa.
Otw ke ijen
Muntah di perjalanan, tanpa satu orang pun yang tahu karena langsung aku buka jendela. Disgusting indeed.

Merasa terbantu saat :
Naik gunung
Maklum pemula, naik gunung kudu diseret sama didorong dulu baru bisa gerak.
Nyuci
I told you, aku bawaannya kebanyakan rok dan kalau basah itu beratnya minta ampun. Belum lagi harus dikucek hahah. Mayan ada Diba yang sabar ngebantu.
Naik angkot ke rumah Devi
Kenapa? Karena kita diturunin somewhere dan cuma dikasih clue naik angkot warna kuning. Si angkot kaga ada nongol, malah ada bis kecil. Akhirnya, kita naik, dan ternyata si pak supir nya ini ga dibantu kenek. Siapa yang turun dan naik ga akan diminta bayar sesuai tarif since ga ada tarif. Yes, bayar seikhlasnya.

Mandi proper :
Di baluran
Proper karena bisa keramas dan ngeringin rambut. Setelah 4an hari ga keramas dikeadaan berkeringat dan lembab, akhirnya si rambut bisa dibersihkan. Proper karena bisa lama tanpa ditungguin. Somehow mandi proper di saat perjalanan jauh juga penting biar recharge untuk next trip. Ada kejadian kekunci di kamar mandi, yah sebenernya uda keringetan lagi sih itu gegara panik dan panas di kamar mandi. Akhirnya pintu kamar mandi nya dijebol.

Berapa banyak teman baru nya :
17

Solat paling diinget :
Subuh di puncak Ijen
Karena engga datar, harus usaha biar bisa duduk di antara dua sujud, pun duduk tahiyat akhir.
Subuh di Baluran
Karena bangun pagi dan jalan ke masjid yang ga jauh dari penginapan. Walau tetep ga sempet ikut jamaah, tapi seneng lah bisa jalan pagi.
Isya di penginapan di Denpasar
Karena finally aku inget kalau dari beberapa hal yang kita anggap kurang, kita masih ada kesempatan buat istirahat. Istirahat jiwa juga kali ye.  
Jumat di Bali
Lucky us. Temen kita nganterin ke masjid paling besar di daerah Amlapura, disitu deket kampung Muslim. Jadi walau aku satu-satunya jamaah wanita di lantai atas, tapi guyub nya berasa di Jawa.
Subuh di penginapan
Solat terakhir sebelum melanjutkan perjalanan pulang. Bikin rada baper harus udahan liat ciptaan-Nya dengan cara asik jalan-jalan begini.

Tempat wisata paling favorit :
Sofa, kursi bis, kursi kereta
Karena cuma duduk, ngobrol random dan nonton film. Wisata nya adalah our conversation sih.

Taman Soekasada Ujung atau Tirtagangga :
Taman Soekasada Ujung. Why? Lebih ijo. Luas. Ada museum yang bisa dibaca sejarahnya. Ada view laut nya. Ada pendopo di tengah danau buatan.

Blayag atau Srombotan :
Blayag. Walau cuma makan satu kali, tapi doyan, gegara ayamnya tasty abis. Thanks to mamanya Devi yang selalu nawarin masakan khas Bali.

Teman seperjalanan paling gengges :
Krisna
Krisna Andynata. Doi Bagus Karangasem yang kesekian, jadi ya harus jaga penampilan katanya. Doi katanya belum laku, jadi brandingnya harus kenceng di IG. Saat foto di tebing yang keliatan spot buat snorkeling nya di Amed, si Krisna ini dengan sabarnya memakai topi dan membentangkan payung agar terlindung dari matahari. Oiya, sebelumnya juga minta dibeliin sunblock. Hahaha. Dia calon pak dokter dari Unhas. Kerempongannya yang bikin seru perjalanan sih, dan walau rempong dia considerable abis.

Tentang hujan :
Penanda dimulai nya dan diakhiri nya perjalanan.

Things to remember :

  1. Bersyukur
  2. Sering-sering buat orang lain senyum, apalagi teman seperjalanan
  3. Nutup mata waktu naik motor matic di jalan ga rata itu bukan ide yang baik
  4.  Saat kenek bilang 5 jam means 5 jam, srsly
  5.  Kosongin kandung kemih sebelum naik gunung
  6.  Kalau nutup karton susu yang rapet
  7. Perhatian sama siklus mens
  8.  Cek kolong tempat tidur, barangkali ada kecoak
  9.  Kecekatan dalam gepuk kecoa berbanding lurus dengan kesigapan dalam hidup *apalah
  10. Skill makan tanpa piring dan sendok garpu perlu diasah sebelum ide buat gigit teman seperjalanan jadin kenyataan
  11. Jujur bilang capek
  12.  Kalau pake sunblock yang rata, jangan belang apalagi di hidung
  13. Walau jalan di taman rumah, pake sandal, ada tai ayam
  14.  Belajar cara perban yang benar
  15. Jangan ngejek monyet di depan monyet. Bakal dikejar.
  16. Numpang mandi di rumah penduduk sekitar karena toilet umum penuh itu ga dosa kok

Credit goes to :
NOZOMIKA
Karena uda diajakin liburan bareng muter jatimnya. Karena uda segitu guyubnya dan dengan sabar jelasin joke yang kaum pendatang belum paham. Karena ramah dengan nanyain lalala yeyey plus ngasih saran soal ini (?). Karena planning dan financial report nya yang caem abis. Karena pilihan destinasi nya yang ga ngecewain. Karena playlist di mobil itu hits abes. Karena marahin gegara jalanku terlalu minggir di Ijen. Karena diajakin bikin video reportase berasa penting haha.  

Devi and Family
Karena akomodasi nya selama di Bali. Karena oleh-oleh for free nya. Karena tangan terbukanya. Karena dikenalin sama Brownco dan Goldy. Karena accompanionnya saat nonton film horor tiap malem. Terima kasih untuk deterjen yang banyak, untuk selalu tanya dimana (berasa uda kaya anak ilang ditanyain mele), untuk arahannya ke pasar terdekat, untuk sate lilit tuna nya, untuk es kucir yang ga abis-abis di freezer nya, untuk password rahasia nya kalau misal ketangkep polisi, untuk pizza di resortnya.

Pendi dan Krisna
Terima kasih untuk Amed nya, untuk sesama narsis nya, untuk bahasan jaman kalian SMA dan the perks of being semester 5 warrior.

Worth to repeat :
Di atas laut

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Kreasi dan Konsumsi

Bagaimana kita mencerna berpengaruh terhadap kualitas aksi yang kita lakukan. Apa yang menjadi asupan kita bertindak sebagai bahan bakar semangat. Dan kapan aksi yang kita lakukan menjadi gambaran bagaimana hidup akan berjalan.

Ayah yang Khawatir

Menurutku, semakin kita bertambah dewasa, beberapa istilah yang kita kenal dari kecil akan berubah perwujudan konkretnya di kepala, antara melebar dan mendalam. Kita tidak lagi terpaku hanya pada makna harfiah saja. Istilah hanya digunakan untuk mengerecutkan maksud komunikator kepada komunikan. Pemahaman komunikan, lagi-lagi dipengaruhi  oleh perubahan tersebut.