Semakin hari semakin paham curhatan kakak
tingkat soal skripsi dan soal karakter dosen. Juga, makin bisa feeling related to ke macem-macem meme soal
bimbingan. Welcome to semester tua, Din!
Diwarnai dengan cuaca ga tentu uda 2 minggu ini, semakin menggambarkan mood ku buat bimbingan proposal. Niat kalau di kos, dan tiba-tiba ada aja excuses kalau uda di kampus. Dan semua berawal saat aku ingin ganti judul.
Diwarnai dengan cuaca ga tentu uda 2 minggu ini, semakin menggambarkan mood ku buat bimbingan proposal. Niat kalau di kos, dan tiba-tiba ada aja excuses kalau uda di kampus. Dan semua berawal saat aku ingin ganti judul.
Macem
bakal nikah sama siapa, judul skripsi itu kata dosenku kudu seksi (apasi
analoginya, yauda biarin). Judul itu ga boleh memunculkan pertanyaan, so what?
Karena hal ini akan memunculkan kesan ‘tidak penting’ ke hasil penelitian kita.
Sebagai
mahasiswi yang memegang rekor telat baru 2 kali selama 3 tahun ajaran, aku
berdedikasi buat bikin masterpiece. Sempet
ngajakin beberapa temen buat bikin grup diskusi soal negara yang mau aku bahas,
tapi hasilnya sampe sekarang masih nihil. Padahal punya grup diskusi gini bikin
konsistensi meningkat, teorinya.
Ganti
judul adalah hal lumrah. Hlawong kadang bilangnya aja ganti judul tapi materi
yang dimaksud sama aja ada. Juga, kadang kita uda paham mau ambil fenomena apa,
tapi ga paham gimana bikin kalimat judulnya. Tiba-tiba semua diksi yang kita
pelajari belasan tahun sekolah jadi ga ada yang bisa ngewakilin maksud kita.
Walau
uda mulai doktrin diri sendiri buat ga grogi waktu ujian pendadaran besok (iya,
nenangin diri sendirinya dari sekarang), tapi ga mengurangi excuses yang aku buat kalau lagi garap
proposal. Kayaknya kurang ini deh, seharusnya ditambahi data statistik dari ini
ya, eh ada kebijakan baru yang berkaitan, dampaknya apa ya and so on. Padahal kalimat mujarab para
pembimbing adalah “kalau ada masalah jangan dipendem sendiri”.
See?
Manusia itu emang bebal. Bebal otaknya ya bebal hatinya *teteup. Uda paham gitu
apa yang harus dilakuin, tetep aja memanfaatkan waktu akhir buat dapet hasil
maksimal. Padahal ya, banyak sebenernya keadaan diluar kendali kita, yang bisa
bikin kerjaan tambah amburadul. Lah ini dari diri sendiri aja kaga di-manage gimana meminimalisir faktor x
tadi?
Faktor
x ini cemacem, kaya kacamata yang tiba-tiba ketlisut misalnya. Jadi, ada anak
SMP yang biasa belajar bareng sama aku, sebut saja namanya Aldan (kok nama
tempaat makan). Si Aldan ini punya silinder (aku baru paham juga kalau silinder
itu ada faktor keturunan) dari kelas 6 SD. Dia yang dateng paling gasik buat
belajar bareng malem itu.
Dia
bawa buku IPA, karena aku bilang resiko salahku kalau ngajarin fisika lebih
banyak jadilah aku tanya materi biologi atau kimia mana yang dia kurang paham.
Nah sayangnya, (aku juga ga paham kenapa pembagiannya ekstrem gini) semua
materi biologi dan kimia uda abis di semester satu dan setengah semester dua.
Ujian tengah semester dia dapet 68 dan dari wajahnya aku tau dia kecewa.
Ternyata
semua berawal saat kacamatanya ketlisut. Jadilah ia mau jawab B, tapi yang
disilang C. Terus kalau mau baca soal uraian juga ga jelas, hasilnya dia kurang
paham soalnya nyuruh ngapain.
Si
Aldan ini mau jadi dokter, tanpa kasih ceramah soal cita-cita idealis dan
realis macem mahasiswi yang sakit hati karena ga keterima di PTN, aku ikut
seneng juga kok nemenin bibit pak dokter belajar heheh. Terus aku ikutan
kecewa, bayangin aja uda cas cis cus paham soal biologi sama kimia, eh gegara
kacamata ketlisut, kesempatan buat dapet 100 bulet melayang. Dilandasi
kegemesannya, jadilah dia ngitung kalau dia dapet kacamata, kira-kira dapet
nilai berapa, dan 92.
Oke
dari pembahasan mikir judul di semester tua sampe kacamata ketlisut, kita bisa
menyimpulkan bahwa kita berdua kecewa terhadap variabel yang sama. Diri
sendiri. Andaikan aja aku lebih rajin ngejar dosen dan si Aldan ini lebih
teliti naruh kacamatanya. Andaikan saja.
Comments
Post a Comment